Cara Mengatasi Bluetooth Error atau Rusak di Android

Tips Smartphone - Pernah mengalami Bluetooth Error? meski kini Bluetooth mungkin bukan lagi sesuatu yang penting karena dalam transfer file sudah banyak caranya seperti Share it atau melalui kabel data, tetapi jika Bluetooth tiba-tiba error kadang kita juga terkendala di beberapa urusan. Bagaimana Cara Memperbaiki Bluetooth HP Error? Bluetooth adalah salah satu pililhan atau fitur yang paling populer dalam pentransferan data atau file pada hp maupun smartphone. Bluetooth memudahkan dalam memindakan file satu atau banyak ke dalam gadget lain dalam waktu yang singkat dan tanpa kabel. Itulah mengapa bluetooth sangat penting bagi setiap gadget baik handphone, tablet, atau sartphone. Lalu bagaimana jika Bluetooth di hp rusak? Apakah perlu penggantian komponen? Nah tidak perlu panik. Kali ini kita akan membahas mengenai hal inid an bagaimana cara memperbaikinya.

Untuk memperbaiki bluetooth yang tidak menyala perlu dianalisa penyebab sebelumnya. Bluetooth yang rusak bisa diperbaiki asal tidak terkena benturan secara fisik. Namun bila rusak secara fisik misalnya ponsel terjatuh atau terbentur, mungkin bisa merusak perangkat bluetooth, tetapi bila tidak kemungkinan besar masih bisa diperbaiki jika sistemnya sudah kembali normal. Untuk itu penting untuk kita tahu dan menganalisa penyebab terjadinya masalah ini agar ketika kita melakukan perbaikan tidak harus merembet ke komponen lain yang sebenarnya tidak rusak.

Bluetooth tidak mau aktif disebabkan banyak faktor. Jika tidak ada benturan benda keras atau terjatuh, kemungkinan besar secara hardware masih aman, dan dapat diperbaiki tanpa harus membeli komponen atau spare part untuk ponsel anda. Untuk mengatasi bluetooth error bisa lihat langkah-langkah di bawah ini :

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Menyala di Android

Cara Mengatasi Bluetooth Error di Android


Mengatasi Bluetooth tidak mau On atau Nyala

Ada beberapa cara untuk memperbaiki Bluetooth yang tidak mau menyala, bluetooth gagal mengirim file, atau bluetooth tidak mau menerima file, berikut cara-cara yang bisa dilakukan :

  • Cara pertama, jika bluetooth kamu mengalami masalah saat mengirim file, selalu gagal mengirim file, atau tidak dapat menerima file, meskipun kondisi bluetooth menyala atau tanda bluetooth sudah aktif, ada baiknya coba matikan smartphone kamu dan lepas baterai. Tunggu beberapa saat dan pasang kembali lalu nyalakan.Bila masih belum menyala bisa lakukan cara berikutnya
  • Cara kedua, buka menu dan lanjut ke pengaturan, kemudian Pilih Apps lalu All. Setelah itu pilih Bluetooth Share kemudian tekan Clear Data / Clear Cache. Jika masih belum, ingat-ingat sebelum bluetooth mati dan sebelumnya menginstall aplikasi, maka lebih baik hapus aplikasi tersebut karena bisa jadi mengganggu kinerja bluetooth.
  • Cara Ketiga, jika kedua cara diatas tidak berhasil, kemungkinan besar ada masalah pada system. Yang harus dilakukan adalah factory reset untuk mengembalikan semua setelan ke setelan pabrik atau seperti pertama kali membeli. Namun jangan lupa melakukan backup data dahulu karena setelah melakukan reset factory maka dalam yang tersimpan dalam memori telepon akan hilang. Siapa tahu ada data, foto, video dan file lain yang menurut anda penting. Untuk cara melakukan reset factory, masing-masing merk dan tipe ponsel memiliki cara factory reset sendiri-sendiri. Anda bisa googlingc aranya yang sesuai dengan merk dan tipesmartphoen atau tablet anda.

Bila ketiga cara diatas memang tidak berhasil berarti hardware yang bermasalah, alias IC Bluetooth minta diganti. Jika berniat mengganti, ada baiknya penggantian dilakukan oleh ahlinya atau tukang service agar lebih cepat dan tepat. Jika anda mengalami error lainnya seperti Wi-Fi, anda bisa mengikuti langkah dalam : cara mengatasi Wi-Fi hp android rusak dan pas penggunaan yang sesuai agar smartphone memiliki umur pakai yang lebih panjang

Demikian mengenai cara mengatasi bluetooth yang tidak hidup atau tidak mau menyala, Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa meninggalkan komentar jika anda berhasil dan jika ada cara yang lebih efektif silakan bisa sharing sehingga bisa kami update isi artikelnya dan berguna bagi pembaca selanjutnya. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Bluetooth Error atau Rusak di Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah