Cara Mengatasi HP Mati Terendam Air

Bagaimana langkah mengatasi HP yang kena air? Meskipun saat ini sudah banyak hp anti air, tetapi tidak semua benar-benar tahan air. Karena beberapa HP android yang tahan iar hanya tahan terhadap air hujan dan cipratan air saja, tetapi jika masuk ke dalam air bahkan hingga kedalaman beberapa meter tentu tidak semua ponsel memiliki kekuatan yang sama. Lalu bagaimna jika ponselmu mati total karena terendam air?

HP yang terendam air biasanya akan mengalami mati total dan tidak bisa dinyalakan, tetapi ada beberapa hp atau smartphone yang masih bisa diselamatkan meskipun sudah 'nyemplung ke air'. Untuk memperbaiki hp terendam air memang akan sangat bergantung pada sepsifikasi hp anda dan ketahanan dari ponsel tersebut. Ada baiknya buku petunjuk panduan dan daftar spesifikasi perlu dibaca agar kita mengetahui kemapuan dan spesifikasi ponsel yang kita miliki.

Untuk mengecek hp mati terkena air perlu hati-hati dalam melakukan pengecekan agar tidak menambah masalah, seperti hubungan arus pendek, dll. Hal yang pertama dilakukan seharusnya adalah segera melepas baterai dari ponsel dan buka semua casing. Untuk itu perlu melakukan step dan langkah-langkah berikut untuk mengatasi hp mati karena air.

Cara Memperbaiki HP Mati Terendam Air

Cara Memperbaiki HP kena Air



Cara memperbaiki HP kena air :

1. Seperti yang dikatakan sebelumnya, hal pertama adalah melepas baterai sesegera mungkin. Memutuskan  aliran sumber daya adalah salah satu langkah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan yang akan terjadi pada ponsel.
2. Lepas juga kartu SIM agar kartu SIM tetap bisa digunakan. Jika Kartu SIM error bisa anda menggunakan langkah atasi Kartu SIM rusak pada cara mengatasi Kartu SIM error
3. Kemudian buka casing dan bongkar ponsel kamu. Gunakan obeng kecil untuk membukanya. Buka semua komponennya, tetapi ingat-ingat agar tidak lupa waktu merangkainya kembali. Buka mulai dari PCB nya sampai socket-coket semuanya dilepas.
4. Setelah itu keringkan. Bisa menggunakan kompresor, atau hair dryer. Jika tidak ada bisa dengan dijemur dan terkena matahari langsung.
5. Setelah itu lakukan blower dengan memberikan cairan IPA sebelumnya. Jika tidak ada IPA bisa menggunakan butiran silika untuk menyerap air yang tersisa pada sela-sela di dalam komponen.
6. Setelah benar-benar kering, gunakan power supply untuk mengecek tegangan. Jika tegangan masih diatas 50mA, berati masih ada kemungkinan hidup, artinya biasanya cukup dilakukan flash ulang akan kembali normal.
7. Jika masih tidak menunnjukkan 50mA maka kemungkinan besar perlu ganti salah satu komponen hardware. Segera bawa ke tukang service untuk melakukan penggantian.

Lihat Juga Memperbaiki Bluetooth Error

Demikian Cara Mengatasi HP Mati Terendam Air atau hp yang kemasukan air. Semoga tulisan ini bisa membantu anda mengatasi masalah ponsel anda. Salam.

Cara Mengatasi HP Mati Terendam Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.